Desa SIGOTOM NAULI

Apakah diantara anda ada yang pernah mengenal kata ini? Mungkin bagi penduduk yang berada di daerah Tapanuli Utara sebagian besar sudah mengetahui kata "SIGOTOM". Bagi anda yang belum pernah mendengar, pada postingan pertama ini admin akan mencoba menguraikan tentang SIGOTOM.


Sigotom adalah sebuah desa terpencil yang terletak di Kecamataan Pangaribuan, Tapanuli Utara, Sumut . Kini huta Sigotom terdiri dari lima (5) Desa dan di masing-masing Desa terdapat beberapa “ Lumban “ , “Godung” atau “Lobu”. Penamaan Huta, Desa , Lumban ,Godung maupun Lobu ini sering kurang konsisten sehingga jika kita perhatikan nama-nama yang ada dapat membuat agak rumit, misalnya Di Desa Godung Borotan ada : Huta Holbung, Lumban Gareja dan lain-lain.

Terlepas dari penamaan tersebut, Sigotom merupakan salah satu desa yang dikatagorikan sebagai desa yang di dalamnya terdapat masyarakat miskin. Menurut Direktur Jenderal PMD, Kementerian Dalam Negeri Drs. Ayip muflich,SH,M.Si di antara 234,2 juta penduduk Indonesia, sekitar 14,15 % adalah penduduk miskin, dan mereka umumnya tinggal di perdesaan dan daerah kumuh perkotaan. Hal yang tidak dapat diingkari, secara kesat mata, sebagian penduduk Sigotom adalah termasuk miskin, http://www.depdagri.go.id/article. Akan tetapi dalam beberapa tahun belakangan ini, Desa sigotom sudah mulai berkembang dan terus berkembang, terlihat dari  pertanian para masyarakat  yang sudah mulai berail dari pertanian yang tradisional ke pertanian yang modern.

Ditinjau dari keadaan tanah, maka di Sigotom terdapat 404 hektar (ha) tanah sawah, 7.607 ha tanah kering , 535 ha tanah bangunan & pekarangan dan 10.500 ha untuk kelompok tanah lainnya. Produksi padi dari sawah (padi sawah) total 2123,79 ton/tahun, sementara dari ladang (padi ladang) adalah 209.69 ton/tahun. Produksi jagung sekitar 117,10 ton/tahun dan kacang tanah 55,12 ton/tahun.Sementara hasil perkebunan rakyat berupa kopi dengan luas lahan sekitar 607 ha adalah 4079,9 ton/tahun.

selain itu Desa ini juga termasuk penghasil kemeyan yang cukup besar akan tetapi permasalahan terbesarnya adalah pemasaran, minimnya tengkulak yang besar yang menampung kemeyan ini menjadikan harga kemeyan ini sangat Murah jika dibandingkan dengan harga didunia. Akan tetapi Dalam bidang ini juga, saat ini sudah mulai berkembang. jalan akses yang memang sudah termasuk baik bila dibandingkan dari tahun-tahun sebelumnya adalah salah satu penyebab semakin meningkkatnya perekonomian di daerah ini. Namun bila dibandingkan dengan daerah lain, jalan akses untuk menuju desa ini memang masih jauh dari pada yang diharapkan.

Desa Sigotom ini juga sangat subur, terbukti dengan banyaknya jenis-jenis tanaman yang sangat mudah sekali tumbuh dan berkembang di desa ini.


Untuk sekedar mengobati rasa penasaran anda dengan desa ini, berikut ini admin tampilkan beberapa foto yang admin foto sendiri di desa sigotom.

berikut foto:fotonya klik disini


Tidak ada komentar:

Posting Komentar