Mangarihiti, Tradisi Masyarakat Batak

Mangarihiti adalah tradisi masyarakat Tapanuli yang sudah dilakukan turun temurun, mangarihiti ini adalah membersihkan kuburan dan menaburkan pasir di kuburan atau disekitar kuburan tersebut. Mangarihiti ini dilakukan setiap menjelang paskah yang selalu di peringati setiap Tahunnya, tradisi turun temurun ini oleh para masyarakat adalah untuk menghormati leluhur atau orang yang mereka kasihi yang sudah meninggal.

Mangarihiti ini adalah Salah satu ritual yang perlu di lestarikan, sebab tradisi atau ritual ini tidak lah bertentangan dengan agama atau kepercayaan. Karena dalam ritual ini hanya untuk menandakan kasih sayang atau penghormatan kepada orang yang kita kasihi yang sudah meninggal. 

Di Desa Sigotom Ritual atau tradisi mangarihiti ini masih melekat erat dalam kehidupan masyarakat. Setiap tahun tradisi ini pasti dilakukan oleh semua warga Sigotom. Bahkan ada juga yang sengaja Mudik atau pulang kampung hanya untuk Mangarihiti ataupun membersihkan kuburan orang yang dia kasihi. Semoga saja tradisi ini tetap terjaga tanpa terhapus oleh kemajuan jaman yang semakin tak terbendung.

foto mangarihiti :





Demikian Artikel ini, semoga bermanfaat dan menambah wawasan anda...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar